Manfaat Olahraga Sepeda
Bersepedalah dengan penuh passion

Saat ini, bersepeda menjadi salah satu olahraga yang paling banyak peminatnya. Bahkan, hampir tiap hari kita bisa melihat orang bersepeda. Olahraga ini makin seru bareng teman-teman maupun komunitas pada kegiatan car freeday ataupun semacam touring. Jadi, kamu engga merasa bosen dan kalo misalkan ban kamu bocor bisa dibantu juga hahaha. Lalu, apa ajasi manfaat bersepeda bagi kesehatan?

1. Mengendalikan Berat Badan

Bersepeda adalah cara terbaik untuk mengendalikan ataupun menurunkan berat badan. Hal ini karena dengan bersepeda, kita dapat meningkatkan metabolisme, membakar lemak, dan membangun otot. Bersepeda juga membantu kamu buat memastikan pengeluaran energi kamu lebih besar dari asupan energi, karena selama kamu bersepeda juga sedang membakar kalori yang ada pada tubuh kamu.

Kalo kamu sedang menurunkan berat badan, kamu juga perlu buat mengkombinasikan antara olahraga sepeda dengan pola makan yang sehat. Jumlah kalori yang kamu bakar berpengaruh pada berapa lama, berapa jauh, berapa kecepatan kamu bersepeda.

2. Meminimalisir Resiko Jantung Dan Pembuluh Darah

Manfaat bersepeda secara bisa membantu kamu buat meminimalisir resiko penyakit kardiovaskular, memperbaiki kinerja jantung, paru-paru maupun sirkulasi darah. Selain itu, bersepeda juga akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Kalo kamu bisa mempertahankan pola makan yang sehat dan bersepeda secara teratur, kamu bisa ngurangin resiko kanker dalam tubuh kamu lho. Seperti pada riset dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa orang yang punya tubuh bugar, meskipun sudah berumur, memiliki resiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal.

4. Mengurangi Resiko Diabetes

Kurangnya aktivitas fisik bisa menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit diabetes. Salah satu cara yang dapat mengurangi resikonya yaitu dengan bersepeda. Salah satu studi Finlandia menunjukkan bahwa orang yang bersepeda 30 menit per harinya bisa memiliki resiko lebih rendah.

5. Meningkatkan Kekuatan, Keseimbangan, dan Koordinasi Otot Tubuh

Manfaat bersepeda juga bisa mencegah kamu buat mengalami patah tulang karena jatuh. Meskipun tidak secara spesifik bisa membantu ostheoporosis, namun bersepeda bisa menjadi bentuk latihan ideal bagi penderita ostheoporosis. Hal ini karena bersepeda merupakan latihan ringan yang hanya akan memberikan sedikit tekanan pada sendi.

6. Meningkatkan Kemampuan Otak

Olahraga telah berulang kali terkenal dapat menyehatkan otak dan membantu pengurangan perubahan kognitif yang bisa membuat kita rentan dengan demensia. Sebuah studi 2013 menemukan bahwa selama latihan, aliran darah pesepeda meingkat 28 sampai 70 persen pada otak.

7. Meningkatan Kemampuan Seks

Manfaat bersepeda dapat membangun beberapa kelompok otot yang penting. Dr Matthew Forsyth, ahli urologi dan pengendara sepeda dari Portland, Oregon, mengatakan: “Semua otot ini (yang dibentuk saat bersepeda) digunakan selama hubungan seksual. Semakin baik mengembangkan otot-otot ini, hubungan seksual yang lebih lama”

Sebagian besar dari kita tahu bahwa seks adalah hal yang baik, tetapi tidak semua orang tahu bahwa itu sebenarnya juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Bahkan, seks biasa memang bisa memperpanjang umur.

8. Mengatasi Insomnia

Bagi kamu yang mengalami insomnia, manfaat olahraga sepeda bisa mengatasi gangguan yang kamu alami. Cobalah bersepeda selama 20-30 menit setiap 2 hari sekali. Dengan begitu waktu tidur kamu akan datang lebih cepat.

Sedangkan, manfaat sepeda pada pagi hari ketika matahari yang belum terlalu terik dapat membantu jam biologis kembali normal, serta menyingkirkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan insomnia.

Sumber : hallosehat, detik.health, & kompas.health

Leave a Reply