Misteri Angka 4 dan 13
Selasar Kamar Hotel

Sebagian dari kita pernah mungkin pernah mengunjungi hotel dan apartemen. Saat kita naik lift, seringkali kita bingung karena tidak ada nomor 4 dan 13. Nah, sampai saat ini, masih banyak yang bertanya-tanya kenapa dua angka ini tidak ada dan menjadi misteri. Misteri angka 4 dan 13 ini kini sudah menjadi sejenis fenomena yang bikin merinding apabila diceritakan.

Ada yang berspekulasi dulu pernah terjadi pembunuhan yang mengerikan. Namun nyatanya cerita ini masih belum benar ceritanya. Lalu ada juga menghubungkan dua angka dengan mitos yang menjelaskan bahwa dua angka ini merupakan angka pembawa sial.

Angka 4 berkaitan dengan kematian

Dalam bahasa mandarin, kata empat disebut dengan “shi” yang pelafalannya mirip dengan kata “mati” dalam bahasa mandarin. Ternyata, bagi pengelola hotel yang percaya, mereka menganggap angka 4 ini memiliki makna sebagai pembawa sial. Selain itu, bagi pengunjung, melewatkan lift nomor 4 ini bisa membuat psikologis kita terasa lebih cepat sampai.

Kursi Yang Terbalik

Jika anda menuliskan angka 4 pada secarik kertas, lalu membalikkan posisi kertasnya, maka akan terlihat sebuah gambar kursi. Hal ini juga yang membawa kita kepada mitos ‘shi’ tersebut. Bentuknya yang seperti terbalik ini menyebabkan angka 4 ini memiliki anggapan pantangan dalam deretan lantai.

Kursi yang memiliki analogi sebagai jatuhnya kepemimpinan atau kedudukan seseorang yang memiliki pangkat yang tinggi. Karena memiliki perangai yang kurang baik inilah penyebab kenapa angka 4 dihapus.

Tetraphobia

Seringkali kita mendengar phobia akan ketinggian atau phobia tentang ruangan yang gelap. Ternyata, ada juga phobia tentang angka 4. Phobia ini bernama tetraphobia, pengidap ini memiliki rasa takut berlebih pada angka tersebut. Karena mitos-mitos tersebut, bukan hanya angka 4 yang tidak ada, namun angka-angka yang berkaitan juga dengan angka 4 seperti seperti 14 dan juga 24.

Angka 13 adalah angka sial

Seringkali angka 13 ini berhubungan dengan angka pembawa sial. Dasar dari pemikiran ini adalah Friday, 13th merupakan hari sial negara barat. Mirip dengan angka 4, angka 13 juga memiliki fungsi demi untuk kenyamanan pengguna lift. Tidak hanya itu, ternyata apabila dua komponen ini ditambah, 1+3 maka hasilnya adalah 4. Wow, sebuah kebetulan yang aneh bukan.

Triskaidekaphobia

Mirip dengan tetraphobia, triskaidekaphobia merupakan phobia terhadap angka 13. Para pengidap phobia ini merasa sangat takut dengan hal-hal yang berunsur 13. Hal ini juga yang membuat angka 13 hilang dari deretan lantai.

Itulah mitos-mitos yang menyebabkan angka 4 dan 13 hilang pada beberapa gedung. Namun tetap banyak juga hotel-hotel yang menggunakan urutan angka normal. Nah, selesai sudah cerita misteri angka 4 dan 13 pada hotel yang bikin merinding. Cheers!

Sumber : astaga.com

Leave a Reply