Pentingnya ulasan customer
Datang ke resepsionis dan mendapat sambutan ramah

Pesatnya perkembangan teknologi digital telah membuat peluang bisnis yang menggiurkan. Hal ini karena dengan cukup bermodalkan ponsel dan laptop, kamu sudah bisa memasarkan produk kamu. Dan yang saat ini sedang ngetren adalah pemasaran lewat media sosial. Selain itu, salah satu elemen penting dalam industri jasa saat ini adalah trust konsumen. Untuk bisa membangun trust konsumen, banyak dari pelaku industri sangat memperhatikan pentingnya ulasan customer.

Jika dulu kita ingin menulis suatu ulasan lewat majalah konvensional maupun mengirimkannya lewat surat. Sekarang, pengunjung bisa dengan mudah memberi ulasan kepada penyedia layanan. Interaksi antara produsen dengan konsumen semakin dekat karena hampir tidak ada jarak. Bagi industri, mengetahui pentingnya ulasan customer bisa memberi manfaat, seperti :

1. Sebagai Evaluasi

Respon yang pelanggan berikan, baik itu positif maupun negatif bisa menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan. Maka dari itu, review bisa menjadi salah satu alasan suatu industri tersebut berkembang.

2. Menumbuhkan Tingkat Kepercayaan Pembeli

Menjaga kepercayaan antara pelanggan dengan penjual sangat penting. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan review online. Dengan adanya review, trust pelanggan dapat terbentuk dan bisa meningkatkan hasrat untuk membeli suatu produk.

3. Menambah Rating Kepopuleran

Semakin tinggi dan banyak yang memberi rating, maka semakin besar kemungkinan bagi suatu industri untuk menjadi pilihan. Salah satu sistem rating yang terkenal adalah trip advisor. Jadi, jangan ragu-ragu untuk memberi rating bintang 5 apabila kita puas akan pelayanannya.

4. Menjadi Tempat Marketing Gratis

Sebuah ulasan juga ternyata saat ini bisa menjadi tempat marketing yang bagus. Ibaratnya adalah jika dulu word of mouth secara dilakukan dengan konvensional, adanya ulasan membuat WOM ini menjadi lebih gampang tercapai dan menjadi lebih praktis. Adanya ulasan online ini, baik di forum, halaman toko online Anda, atau bahkan di media sosial para pelanggan sendiri, sudah bagaikan iklan. Kabar gembiranya, “iklan” tersebut pun gratis. Jadi, bisa dibilang ulasan online yang pelanggan berikan adalah pemasaran gratis.

5. Meningkatkan Penjualan

Dari sebuah ulasan bisa mendatangkan pelanggan baru untuk mencoba suatu produk. Apalagi, pada saat ini yang memberikan ulasan tersebut adalah orang yang berpngaruh, seperti publik figur maupun seorang expert. Dengan begitu, customer akan menjadi lebih tertarik dengan produk kita karena mendengar atau membaca dari ulasan seorang yang berpengaruh.

Jadi gimana gaes, suatu penting sekali bagi industri pelayanan. Coba berikan komentarmu tentang kualitas layanan yang ada pernah kamu dapat di D’Paragon 🙂

Leave a Reply