Sifat Unik Orang Jawa
Foto Dari Instagram @hendyhardiawan

Sebagai warga negara Indonesia, kita patut merasa bangga karena memiliki keanekaragam budaya dan suku yang tersebar dari sabang sampai merauke. Salah satu yang terkenal adalah suku Jawa. Hal ini karena sifat unik orang jawa memang menarik untuk dikulik.

Masyarakat Jawa terkenal dengan kesopanan, tatakrama, dan kelembutannya. Ini menjadi ciri khas orang jawa ketika berbaur dengan orang baru. Kadang, orang jawa kerap mendapat panggilan ‘jawir’ oleh orang-orang luar jawa. Dan juga, sifat dasar ini turun dari nenek moyang orang jawa sendiri. Walaupun, tidak semua orang jawa memiliki watak atau sifat-sifat ini. Nah, berikut ini adalah beberapa sifat unik orang Jawa yang mereka miliki.

1. Orang Jawa Suka Menyapa

Salah satu kebiasaan orang Jawa yang bikin ati adem adalah suka menyapa. Meskipun orang yang mereka sapa bukanlah orang yang mereka kenal, sebisa mungkin mereka sapa. Bahkan, bule pun juga ikut kena sapa. Hal ini bikin suasana masyarakat Jawa begitu kental akan kekeluargaannya.

2. Orang Jawa Pemalu dan Sungkan

Meskipun orang jawa terkenal senang menyapa duluan. Namun, sebenarnya mereka adalah orang yang pemalu dan sungkan ketika berada di lingkungan baru. Apabila sudah ngobrol, biasanya orang Jawa akan merasa nyaman dan suka berbincang banyak hal.

3. Orang Jawa Punya Etika Sopan Santun

Mungkin tidak semua orang jawa memiliki hal ini, namun sebenarnya sudah belajar etika sopan santun sedari kecil. Salah satu contoh yang paling terlihat adalah mereka akan membungkukkan badan ketika melewati orang yang lebih tua. Hal ini mereka lakukan sebagai bentuk penghormatan.

4. Orang Jawa Penurut dan Tidak Neko-neko

Orang Jawa terkenal akan sifat penurut. Mereka akan mengerjakan apa yang sudah menjadi tanggung jawab mereka dan berdedikasi tinggi pada hal itu. Selain itu, mereka juga tidak suka aneh-aneh. Mungkin ini yang bikin orang Jawa terkenal akan kesederhanaannya.

5. Orang Jawa Terkenal Apa Adanya

Apapun yang sudah digariskan, mulai dari jodoh, rezeki, dan jabatan akan mereka terima dengan apa adanya. Walaupun kadang-kadang, orang Jawa juga masih suka sambat alias mengeluh. Namanya juga manusia. Namun pada akhirnya akan diterima apa adanya.

6. Orang Jawa Punya Motto Hidup Mengalir Seperti Air

Menjalani hidup tanpa beban seolah-olah beban itu tidak ada. Walaupun sebenarnya masih punya banyak tanggungan. Ada yang memaknainya sebagai gaya hidup pasrah, namun ada yang berpendapat tentang hidup juga perlu pasrah.

7. Muluk atau Puluk

Bagi sebagian orang jawa, istilah ini mungkin masih agak asing. Tapi muluk atau puluk ini punya arti yaitu makan dengan menggunakan tangan. Kebiasaan ini sudah turun temurun sejak lama dan sampai saat ini masih banyak yang melestarikannya. Terutama waktu makan nasi padang haha. Konon katanya juga, menyantap makanan dengan menggunakan tangan dirasa menambah kenikmatan, apalagi makannya sambil lesehan.

8. Orang Jawa Tata Bahasanya Sopan

Meski zaman sudah makin maju, namun masih banyak juga orang Jawa yang berbicara menggunakan bahasa Jawa yang sesuai dengan nilai kesopanan. Seperti diketahui, bahasa Jawa memiliki hirarki yang sesuai dengan siapa mereka berbicara. mulai dari bahasa ngoko (bahasa sehari-hari) hingga pada tingkatan tertinggi, yaitu krama inggil yang mereka gunakan untuk menghormati lawan bicara.

Dari 8 sifat diatas, memang tidak semuanya melekat pada setiap orang Jawa. Namun, rata-rata dari orang Jawa memiliki karakter demikian.

Leave a Reply