Foto Dari Instagram @semarangraya_terkini

Bagi para pelancong yang berkunjung ke semarang, rasanya kurang lengkap rasanya kalau belum nyoba soto bangkong semarang. Meskipun namanya bangkong, bukan berarti soto ini berbahan baku katak. Nama bangkong diambil dari nama perempatan warung ini, yang konon katanya banyak ditemukan bangkong atau dalam bahasa jawa berarti katak besar.

Awal Berdiri

Semuanya berawal dari tahun 1946, ketika sepasang suami istri asal sukoharjo yang merantau ke semarang dengan jalan kaki selama tiga hari tiga malam. Nama laki-laki tersebut adalah Bapak Soleh Soekarno.

Sebelum punya warung sendiri, Pak Soleh sempat bekerja pada warung soto. Atas kegigihannya, akhirnya Pak Soleh bisa berjualan soto racikannya sendiri. Sebelum punya warung, Pak Soleh berjualan dengan angkringan pikulan.

Selama lima tahun berjualan keliling. Akhirnya Pak Soleh mendapatkan warung pertamanya. Warung kecil yang berlokasi pada perempatan bangkong atau sekarang berubah menjadi Jalan Brigjen Katamso No. 1.

Ciri Khas

Sama seperti soto semarang lainnya, Soto Bangkong Semarang mempunyai kuah yang bening. Adapun isian sotonya berisi mi soun, tauge, tomat, dan irisan daging ayam kampung yang khas dan melimpah, membuat soto bangkong semarang memiliki cita rasa gurih nan segar.

Selain itu, taburan bawang merah dan bawah putih juga turut menambah menambah kelezatan soto. Lalu, yang bikin unik lagi adalah kecap yang digunakan adalah buatan sendiri.

Satu lagi ciri khas yang Soto Bangkong Semarang adalah makanan pendampingnya seperti sate kerang, ati, perkedel, dan yang paling unik adalah sate tempe. Perpaduan gurihnya soto dengan sate yang yang bercita rasa agak manis membuat sensasi rasa unik nan khas yang bikin ketagihan.

Tidak heran apabila setiap harinya warung soto ini bisa melayani hingga 300 porsi tiap harinya. Bahkan, pengunjung dari luar kotapun rela antre untuk bisa makan di warung ini. Bagi yang kurang suka degan soto, warung ini juga menyediakan menu lain yang tidak kalah enaknya. Menunya antara lain ada ayam goreng, garang asem ayam, dan semur ayam.

Lokasi Warung

Alamat: Ruko Bangkong Plaza Block A/1, Jl Brigjen Katamso Semarang, Jawa Tengah Jl Dr Setiabudi No 229, Semarang, Jawa Tengah. Tidak perlu khawatir tidak mendapat tempat duduk. Hal ini karena tempatnya yang cukup luas, dan juga tempat ini juga menyediakan ruangan VIP, yang khusus bisa disewa untuk acara rapat maupun acara khusus lainnya. Selain itu, Warung Soto Bangkong Semarang juga sudah membuka cabang pada Kota Jakarta.

Harga

Soto Bangkong Semarang buka dari jam 07.00 hingga 22.00 WIB dan untuk harga satu porsinya, soto bangkong berharga Rp. 13.000. Sedangkan untuk harga sate-satean seperti sate ayam, sate kerang mulai dari Rp. 4.000 per tusuk. Sementara untuk sate tempe berbandrol Rp. 1.500, dan sate perkedel Rp. 3.000 per tusuk. Lalu untuk harga kerupuk, karak, dan rambak Rp. 3.500 per bungkus.

Sumber : CNN dan Kumparan.com

Leave a Reply