Sunset Pantai Glagah
Salah Satu Keindahan Sunset Pantai Glagah

Yogyakarta tidak cuma memiliki puluhan pantai daerah Gunungkidul dan Bantul saja. Namun kota yang identik dengan gudeg ini juga menyimpan kekayaan alam pantai daerah Kulonprogo bernama Pantai Glagah. Nama pantai ini sudah cukup terkenal bagi kalangan traveller dan makin viral dengan unggahan wisatawan ke akun sosial media. Pantai Glagah juga terkenal dengan suasana sunset yang sangat indah.

Panti Glagah menjadi pantai kebanggaan Kabupaten Kulonprogo dan saat ini sedang ngehits. Selain itu, Pantai Glagah juga lokasinya berdekatan bandara baru Yogyakarta International Airport. Untuk bisa menemukan fotonya pun juga tidak sulit, kamu cukup mencari #pantaiglagah di Instagram, pasti langsung muncul banyak fotonya. Selain itu, Pantai Glagah juga terkenal dengan destinasi yang murah meriah yang bisa bikin kamu lupa kalo kamu lagi di Jogja hehe. Maklum, lokasi dari Pantai Glagah sendiri agak jauh dari hiruk pikuk perkotaan, jadi bisa jadi tempat kamu yang lagi pengen sweet escape.

Rute Perjalanan

Untuk bisa ke Pantai ini, kamu bisa mengambil jalur darat. Akses akan lebih gampang apabila kamu naik kendaraan pribadi, karena jalannya sudah bagus dan lancar. Rute ke Pantai Glagah terbagi menjadi dua, antara lain :

  • Melewati Jalan Bantul : Jalan Bantul-Palbapang Bantul-ambil arah ke kanan-Jalan Srandakan via jembatan Srandakan-bertemu lampu merah ke kiri-Pantai Glagah
  • Melewati Jalan Wates : Jalan Wates-Sentolo-Wates kota-Purworejo-ambil ke kiri-ikuti arah menuju Pantai Glagah.

Kedua rute tersebut bisa menjadi jadi acuan kamu kalo mau ke Pantai Glagah. Waktu perjalanan untuk sampai ke lokasi ini kurang lebih satu jam dengan jalanan aspal yang sudah sangat bagus dan lancar. Tapi, apabila kamu memilih rute dari jalan Bantul, kamu bekalan melewati Pantai Trisik atau Pantai Bugel yang bisa kamu kunjungi selain Pantai Glagah.

Harga Tiket Masuk

Kamu tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuk, karena pengunjung cukup membayar Rp.5..000,00 per orang. Setelah membayar tiket atau biaya retibusi, kamu bisa langsung bebas mengelilingi Pantai Glagah sepuasnya tanpa adanya batasan waktu.

Aktivitas Wisata Pantai Glagah

Aktivitas yang dapat kamu lakukan di Pantai Glagah cukup banyak, antara lain :

1. Wisata Air Laguna

Laguna Pantai Glagah menjadi salah satu yang identik dengan pantai ini, karena bentuknya berupa cekungan yang berisi air laut pasang dan terdapat rumput lliar pada bagian tepinya. Kamu bisa melakukan aktivitas wisata air seperti perahu kayu, perahu bebek, kano, maupun sampan untuk mengitari Pantai Glagah. Selain itu, bagi kamu yang punya hobi memancing, kamu juga bisa mancing karena Pantai Glagah menyediakan spot khusus bagi para pemancing. Catatan, Pemancing IKAN lho ya, bukan Pemancing keributtan xixi.

2. Menikmati Kebuh Buah

Pada sekitar area Pantai Glagah juga terdapat agrowisata perkebunan buah yang bernama Kusuma Wanadiri yang memiliki luas 3,5 Hektare. Adapun buah-buahnya antara lain semangka, buah naga, dan melon. Harga yang ditawarkan juga relatif murah dengan kelebihan kamu bisa memetik buahnya sendiri, bahkan mecicipinya secara GRATIS. Tapi, kalo kamu pengen ke kebun buah, lebih baik pergi pada musim panas, karena sedang dalam masa panen.

3. Dermaga Tetrapod

Dermaga berupa jalan panjang yang mengarah ke tengah dan sekelilingnya memiliki tetrapod yang berfungsi sebagai pemecah ombak. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati indahnya sunset pantai glagah. Dermaga Tetrapod juga terkenal sebagai tempat yang instagrammable jadi kalo kamu kesini, mending siapin kameramen yang jago ya HAHA. Selain itu, kalo kamu lagi hoki, kamu bisa melihat pesawat melintasi pantai ini, beeuh makin-makin lah ya.

Ohiya, sekadar mengingatkan, kalo kamu berwisata tetep patuhi protokol kesehatan yaa 🙂

Leave a Reply