Melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi merupakan tujuan yang pas ketika baru lulus SMA. Banyak pilihan kampus, baik masih dalam daerah sekitar ataupun luar kota. Namun, jika memilih luar kota, kamu akan menjadi anak kos. Biasanya, kamu sebagai anak kost seringkali mengalami kesulitan ketika harus mencari kamar kos yang sesuai dengan keinginan. Nah, berikut ini adalah tips memilih kostan yang sesuai dengan kebutuhan kamu!

1. Fasilitas

Tips Memilih Kostan
Suasana Kamar Yang Kamu Impikan

Memperhatikan fasilitas apa yang kamu butuhkan adalah hal yang penting. Mulai dari koneksi internet, tempat tidur, kamar mandi, lahan parkir dan keamanan. Apakah semua sudah tersedia atau belum. Pastikan juga fasilitas yang tersedia bisa mendukung kegiatan sehari-hari. Perlu kamu ingat, semakin bagus dan lengkapnya fasilitas, harganya juga semakin mahal. Sesuaikan dengan budget yang kamu tentuin juga lho ya.

2. Harga

Tips memilih kostan
Ayo atur budgetmu

Saat memilih kos-kosan, jangan terlalu mematok harga yang murah, namun fasilitasnya sama sekali tidak sesuai keinginanmu. Apalagi jika fasilitas untuk menunjang kegiatanmu sehari-hari tidak memadai, seperti: Wi-Fi. Maka dari itu, ketahui dulu kebutuhan untuk memperkirakan biaya kos yang akan ksmu bsysr tiap bulannya. Jangan lupa untuk membandingkan antara harga kosan yang satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Dekat Area Kampus

Deket kampus, makin mager kuliah

Punya kost-kostan yang dekat kampus sangatlah menguntungkan. Bagaimana tidak, tentunya kamu juga bisa menghemat biaya. Misalnya kamu bisa jalan kaki ataupun kalau ada barang yang ketinggalan, kamu bisa dengan cepat mengambilnya. Biasanya, kost-kostan yang dekat dengan kampus harganya lebih mahal. Selain itu, biasanya kostan yang dekat denagn kampus seringkali jadi tempat basecamp teman-teman yang rumahnya jauh HAHA.

4. Kondisi Lingkungan

Jangan salah pilih pergaulan

Mengetahui keadaan lingkungan di daerah sekitar kost-kostan menjadi hal yang tak kalah penting. Jika ingin lingkungan yang baik, kamu harus meluangkan waktumu untuk mencari kost-kostan mana yang terbaik untukmu. Hal ini tak hanya menyita waktu, namun juga tenaga. Untuk menghemat waktu, lakukan pencarian dengan cepat. Jika menunda-nunda waktu, bisa saja kost-kostan yang menjadi incaranmu sudah penuh diisi oleh orang lain. Selain itu, perhatikan juga tentang keamanannya, jangan sampai kamu ngekost di daerah yang punya tingkat kejahatan yang tinggi.

Sekarang, kalau mau cari kostan bisa jadi lebih mudah karena tinggal cek lewat aplikasi D’paragon, kamu udah bisa lihat kondisi kamar yang sesuai dengan spesifikasi kamu. Aplikasinya pun juga mudah untuk diakses. Dan juga, tersedia semua jenis informasi yang kamu butuhin.

Nah, jadi gimana? semoga tips memilih kostan barusan bisa bikin kamu menemukan kost-kostan yang sesuai dengan yang kamu inginkan ya!

Leave a Reply