foto diambil dari Pexels.com : Paulo Marcelo Martins

Libur telah tiba! biasanya memasuki bulan desember, kamu pasti udah punya rencana liburan. Dulu, banyak orang yang punya berpikiran liburan itu mengeluarkan banyak biaya. Seperti termasuk biaya makan, menginap, transportasi, dan lain-lain. Namun kini, pandangan ini agak sedikit berubah dengan munculnya tren backpacker. Mereka tidak sungkan untuk membagikan tips travelling murah yang bisa kamu coba juga.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips travelling murah ala backpacker.

1. Mencari Banyak Informasi

Mencari informasi menjadi dasar yang penting sebelum mengambil keputusan. Mulai lakukan riset kecil-kecilan tentang destinasi wisata yang akan kamu tuju. Mulai dari daya tarik wisata apa yang ada, rerata harga makanan, bahkan sampai aksesibilitasnya. Jangan sampai kamu kekurangan informasi, karena ini bisa bikin liburanmu tidak efektif dan efisien. Selain itu, apabila sudah memiliki cukup informasi. Kamu bisa segera membuat rencana wisata. Hal ini karena prinsip backpacker yang tidak menggunakan agen wisata.

2. Mengambil Tanggal dan Bulan yang Pas

Menentukan tanggal dan bulan yang pas juga harus kamu pertimbangkan. Hal ini karena berkaitan dengan kondisi tempat wisata yang akan kamu kunjungi. Pergilah saat sedang low season, selain tempatnya yang tidak begitu ramai, harganya pun juga relatif lebih murah.

3. Mencari Teman

Pergi liburan sendiri memang terasa lebih menyenangkan. Namun tidak ada salahnya untuk mencari teman. Terutama bagi seorang backpacker, hal ini bisa bikin biaya liburan kamu lebih murah dan kamu bisa menambah teman. Kamu juga tidak perlu takut, karena sekarang sudah banyak platform tempat berkumpulnya para backpacker.

4. Bawa Barang Secukupnya

Bawalah barang yang kamu perlukan. Hitunglah keperluanmu seperti pakaian yang kamu bawa. Dan tidak lupa juga untuk belajar bagaimana cara packing pakaian dalam tas yang baik dan benar.

5. Persiapan Pemesanan Tiket

Buat para backpacker, memesan tiket transportasi sudah harus kamu lakukan jauh-jauh hari. Hal ini pastinya untuk menghindari harga tiket yang mahal. Dan juga, biasanya para penyedia jasa transportasi juga akan memberikan promo-promo untuk pemesanan jauh-jauh hari. Ohiya, karena saat ini kondisi sedang pandemi, persiapkan juga hasil tes rapid sebagai salah satu syaratnya.

6. Mencatat Pengeluaran

Dengan mencatat pengeluaran, kamu bisa meminimalisir dan juga mengetahui apakah kamu termasuk boros atau tidak. Selain itu, selalu jadikan belanja oleh-oleh sebagai kegiatan terakhir. Gunakan uang yang kamu sisihkan dari pengeluaran. Alangkah lebih baik lagi kalau uang belanja oleh-oleh sudah siap.

7. Pilih Penginapan

Penginapan menjadi pengeluaran yang paling besar apabila kamu tidak pandai memilih tempat menginap yang pas dengan budget kamu. Nah, buat kamu yang lagi nyari penginapan dengan kualitas yang oke dan pas banget dengan budget kamu, D’Paragon bisa jadi solusinya. Ditambah, akhir tahun ini sedang banyak promo yang sayang banget buat kamu lewatin. Segera reservasi sebelum kehabisan kamar xixi. Ohiya sama ngingetin juga untuk follow instagram @dparagonkost supaya kamu engga ketinggalan info-info menarik!

Leave a Reply