Pariwisata Yogyakarta tidak melulu berkutat pada wisata kuliner maupun budaya saja, tapi juga ada wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu keindahan alam tersebut dapat kamu nikmati dari ketinggian. Nah, kalo kamu suka nikmatin pemandangan alam. Berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat wisata bukit Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi :

1. Bukit Teletubbies

Wisata Bukit Yogyakarta
Pemandangan Bukit Teletubbies

Bukit ini berlokasi pada Sumberharjo, Kecamatan Prambanan. Kenapa bermana bukit Teletubbies? Hal ini ternyata karena kamu bisa melihat rumah teletubbies yang berada di sekitar kawasan prambanan untuk korban gempa bumi Yogyakarta pada tahun 2006 lalu dan memang bentuknya seperti rumah yang ada pada serial Teletubbies dengan penambahan warna-warni.

Selain itu, disini ada juga taman bermain yang bisa digunakan untuk bermain. Sebelum kamu ke bukit teletubbies, kamu juga bisa mampir ke desa wisata rumah teletubbies. Tiket masuknya hanya Rp. 5.000 saja.

2. Bukit Panguk

wisata bukit yogyakarta
Salah satu spot foto bukit Panguk

Berjarak hanya sekitar dua kilometer dari kebuh buah mangunan. Bukit Panguk juga tak kalah eksotisnya dengan wisata alam lainnya. Waktu yang paling tepat buat kesini adalah pagi atau saat matahari baru akan tebit sehingga area bukit masih berkabut. Selain itu, kamu juga gaperlu khawatir soal tiket masuk, karena harga tiket masuknya hanya Rp. 3.000. Kamu juga bisa menggunakan jasa fotografer dengan menambah biaya Rp. 5.000 untuk tiap spot foto.

3. Bukit Klangon

wisata bukit yogyakarta
Tempat ikonik dari bukit Klangon

Kalo mau melihat gagahnya gunung merapi dari dekat, bukit Klangon tempatnya. Konsep dari bukit klangon adalah sebuah gardu panjang yang cocok untuk melihat gunung merapi. Selain itu, tempat ini juga sering digunakan sebagai lintasan sepeda untuk olahraga downhill. Letak persisnya dari lokasi ini adalah desa kalitengah lor, cangkringan. Tentunya tempat ini cocok banget buat kamu yang ingin berfoto dengan latar gunung merapi. Tarifnya pun sangat murah, yaitu Rp. 2.000 saat weekdays, dan Rp. 3.000 saat weekend.

4. Bukit Bintang

wisata bukit yogyakarta
Suasana bukit bintang pada malam hari

Gemerlapnya kota Yogyakarta pada malam hari juga tidak kalah indahnya dengan bukit-bukit lainnya. Tempat ini bernama bukit bintang karena keindahan gemerlap lampu-lampu kota yang terlihat layaknya bintang. Tempat ini berlokasi di Srimulyo, Gunungkidul.Selain itu, Bukit Bintang juga menjajakan makanan dan minuman yang bisa kamu pesan sambil menikmati pemandangan. Untuk tarif masuknya adalah Rp. 3.000, dan Rp. 4.000 untuk menyewa fotografer.

5. Bukit Paralayang

Pantai tanpa pasir di bukit Paralayang

Cara lain untuk menikmati pemandangan pantai tanpa perlu harus kepantai adalah dengan mengunjungi bukit paralayang. Dari bukit ini kamu bisa langung nikmatin pemandangan pantai parangtritis dari ketinggian. Selain itu, tempat ini bernama paralayang karena sering menjadi tempat untuk olahraga paralayang.

Waktu yang tepat buat kesini adalah sore hari. Hal ini karena sunsetnya yang sangat indah dan kamu bisa langsung menikmati pergantian matahari. Kamu juga hanya perlu membayar tarif parkir saja untuk bisa kesini. Tapi, kalo kamu pengen nyobain paralayang, kamu cukup membayar Rp.300.000.

6. Bukit Pethu

Suasana Bukit Lintang Sewu

Tempat ini menjadi terkenal namanya karena menjadi tempat terselenggranya peluncuran calender of event Yogyakarta 2020. Bukit ini bernama Lintang Sewu karena dari sini kamu bisa melihat gemerlap kota Yogyakarta pada malam hari yang bagaikan seribu langit dari puncak bukit. Ohiya, kamu juga bisa camping lho.

Dan satu hal lagi, sebelum malam tiba. Coba sempatkan waktumu buat ngeliat sunset dari spot-spot yang sudah tersedia. Kamu cukup membayar Rp.2.000 saja untuk bisa masuk ke sini, sangat murah bukan? hehehe

Nah, sekian informasi tentang wisata bukit yogyakarta. Jangan lupa untuk kamu kunjungi ya kalo lagi berkunjung ke Jogja

Sumber : IDNTimes.com

Leave a Reply