New Normal Pariwisata
Barang yang wajib ada saat ini

Memasuki era new normal, semua tempat umum sudah mulai buka kembali. Salah satu yang sudah mulai buka adalah tempat wisata. Pembukaan kembali tempat wisata ini juga harus sesuai dengan protokol Kesehatan yang berlaku. Pada masa new normal pariwisata ini, kamu harus perhatikan aturan-aturan baru ini. Penggunaan aturan baru ini tentunya berfungsi supaya kamu selama berwisata bisa tetap merasa aman dan juga terhindar dari virus. Selain itu juga penetapan protokol kesehatan ini bertujuan untuk membuat wisatawan lebih disiplin dan memutus mata rantai penyebaran virus.

Berikut ini adalah beberapa aturan protokol kesehatan yang harus kamu taati selama kamu berwisata :

1. Memastikan Diri Dalam Kondisi Sehat

Jadi apabila kamu merasa kurang enak badan, alangkah baiknya kamu menunda kunjungan kamu terlebih dulu. Tunggu hingga kamu badan kamua kamu sudah sehat baru deh bisa langsung jalan-jalan. Dan apabila bdan kamu mulai menunjukkan gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, sesak nafas, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter.

2. Selalu gunakan masker

Masker saat ini menjadi salah satu peralatan penting ketika jalan-jalan. Bahkan, sudah mulai muncul beragam jenis masker untuk mendukung kepentingan fashion. Jadi, engga ada lagi alasan buat kamu kalo misalkan lupa pakai masker.

3. Menjaga Kebersihan Tangan

Setelah kamu melakukan kegiatan apapun, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan dengan air yang mengalir. Kamu tidak perlu khawatir karena sekarang semua tempat wisata menyediakan tempat untuk mencuci tangan. Cuci dan bersihkan tangan kamu dengan teliti, atau minimal cuci tangan 20 detik hingga semua sisi tangan tercuci dengan baik. Selain cuci tangan menggunakan air dan sabun, kamu juga bisa gunakan hand sanitizer untuk lebih praktis.

4. Hindari Menyentuh Area Wajah

Kebiasaan satu ini mungkin bakal agak sulit untuk dilakukan. Hal ini karena kebiasaan ini seakan sebuah rutinitas tanpa sadar. Nah, mulai sekarang cobalah untuk tidak menyentuh area wajah, dalam hal ini termasuk area mata, hidung, dan mulut. Jadi mulai sekarang pastikan selalu tangan kamu dalam keadaan bersih sebelum menyentuh area wajah kamu ya.

5. Menjaga Jarak

Selama kamu mengunjungi tempat wisata, pastikan kamu menjaga jarak dengan wisatawan lain minimal satu meter. Hindari tempat dengan tingkat keramain yang tinggi, mulailah cari tempat yang kiranya agak berjauhan dengan wisatawan lain. Dan juga selalu patuhi rambu-rambu himbauan untuk menjaga jarak.

6. Begitu Sampai Rumah, Langsung Mandi

Ketika kamu sampai rumah, jangan leha-leha. Tapi langsung mandi dan membersihkan badan kamu, dan juga ganti pakaian yang kamu pakai hari itu dengan yang bersih. Begitu badan bersih, udah deh kamu bebas deh melanjutkan aktivitas kamu.

7. Jaga Kebersihan Barang Bawaan Kamu

Menjaga kebersihan barang kamu adalah salah hal terpenting saat ini. Tetap memperhatikan kebersihan barang pribadi kamu juga merupakan salah satu cara untuk menghindari penyebaran virus. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan cairan disinfektan.

Memasuki era new normal pariwisata juga, industri pariwisata juga melakukan pengembangan pada kebersihan tempat. Seperti mengacu pada protokol kesehatan yang telah ada, yaitu untuk menerapkan CHSE (Cleanlinnes, Health, Safety, & Environment).

Fasilitas chamber spot

Salah satu industri pariwisata yang sudah melakukannya adalah Kost Ekslusif D’Paragon tentunya. Jadi, kamu tidak perlu takut lagi buat nyari penginapan karena D’Paragon benar-benar memperhatikan kebersihan dan pelayanan konsumennya. Selain itu juga, fasilitas penunjang new normal pun juga sudah tersedia seperti masker, hand sanitizer, dan lainnya. Jadi tunggu apalagi, buruan reservasi di D’Paragon

Sumber : Kompas.travel & Satgas Covid

Leave a Reply